Software Website Toko Online

Friday 29 May 2015

Manfaat Folic Acid/Asam Folat




Asam Folat (Folic Acid) yang dikenal juga dengan nama Folate atau Folacin BUKAN OBAT PENYUBUR melainkan suplemen dengan kadar vitamin tertentu yang secara medis membantu meningkatkan peluang hamil.

"Apa Manfaat Folic Acid Untuk Masalah Kesuburan?"
Folic Acid mengandung vitamin B6 yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesuburan. Manfaat untuk istri dan juga manfaat untuk suami.

BAGI ISTRI :
Folic Acid membantu meningkatkan peluang hamil dengan cara memperkuat sel telur. Sudah banyak kasus terjadi di masyarakat yaitu ketika istri dan suami dinyatakan sehat oleh dokter tapi tak kunjung berhasil dalam menjalankan program hamil. Dalam kasus seperti ini, faktor kualitas sel telur sangat mempengaruhi. Folic Acid juga memiliki satu keunggulan yang spesial sekali. Yaitu tidak cuma meningkatkan peluang hamil, tapi juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil untuk mencegah cacat bayi.

BAGI SUAMI:
Pada bulan Maret 2002, sebuah hasil penelitan yang dilakukan di Nijmegen, Belanda menunjukkan fakta bahwa pria yang mengkonsumsi Folic Acid berhasil meningkatkan volume sperma hingga 74%.
Dengan meningkatnya volume sperma, tentunya otomatis peluang hamil meningkat.

"Tapi apakah cuma kuantitas saja? Bagaimana dengan kualitas sperma?"

Tidak hanya volume/kuantitas sperma saja. Masih berdasarkan penelitian yang sama, para peneliti menemukan fakta bahwa Folic Acid mampu meningkatkan kualitas sperma dengan cara menurunkan jumlah sperma yang tidak normal sampai berjumlah sekitar 4% saja.

"Mengapa kualitas sperma begitu penting?"
Kualitas sperma sangat penting untuk proses pembuahan sel telur. Sperma yang kualitasnya buruk akan sulit membuahi sel telur. Walaupun sperma tersebut bisa membuahi, dikhawatirkan bisa menyebabkan cacat bayi dan penyakit lain pada bayi seperti Down Syndrome.

Kandungan Folic Acid bisa Anda dapatkan lewat beberapa jenis makanan. Jenis-jenis makanan apa sajakah yang kaya akan kandungan Folic Acid? Banyak sekali. Daftar lengkapnya ada dalam buku panduan yang sudah termasuk dalam PAKET CEPAT HAMIL yang akan dibahas di http://bit.ly//1vRqGRm

"Apakah asupan Folic Acid dari makanan sudah cukup?"
Bila Anda benar-benar konsisten untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung Folic Acid selama berbulan-bulan dan bisa memastikan bahwa jumlah Folic Acid yang Anda makan sudah mencukupi, maka Anda bisa menunda mengkonsumsi supplemen Folic Acid. Tapi kenyataannya tidak demikan. Seringkali pasangan suami istri tidak punya banyak waktu untuk mengatur menu makanan setiap harinya. Belum lagi untuk suami istri yang sibuk bekerja, lebih sering makan di luar. Bila Anda berada dalam situasi yang tidak memungkinkan seperti ini, maka Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi supplemen Folic Acid.

Jika Anda sedang hamil, atau sedang berencana untuk hamil, Anda perlu folic acid (vitamin B9) untuk sejumlah alasan. Folic acid membantu mencegah Neural Tube Defects (NTDs)-cacat lahir serius di tulang belakang (seperti spina bifida) dan otak (seperti anencephaly). Neural Tube Defects terjadi di tahap sangat awal pada perkembangan janin, bahkan sebelum menyadari bahwa mungkin mereka hamil.
Perempuan yang minum folic acid setiap hari dengan teratur, sebulan sebelum konsepsi dan selama trimester pertama dari kehamilan mengurangi risiko untuk bayi mengalami NTD antara 50 sampai 70 persen. Beberapa riset mengatakan bahwa folic acid mungkin membantu mencegah risiko lain cacat bawaan seperti bibir sumbing, dan kelainan jantung tipe tertentu.

Tubuh Anda memerlukan folic acid untuk membuat sel-sel darah merah normal dan mencegah anemia. Folic acid juga penting untuk produksi, memperbaiki, dan memfungsikan DNA, peta genetika kita dan bangunan dasar sebuah sel. Jadi, mendapatkan asupan folic acid yang cukup adalah penting untuk pertumbuhan sel yang cepat dari plasenta dan pertumbuhan bayi Anda. Minum multivitamin dengan folic acid mungkin menurunkan risiko preeclampsia, gangguan kompleks yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan bayi Anda.

Untuk menurunkan risiko bayi Anda dari berkembangnya NTD, para ahli menyarankan Anda harus mengkonsumsi 400 micrograms (mcg) folic acid per hari, dimulai setidaknya sebulan saat Anda berusaha untuk hamil.

Pembuluh otak-dimana tulang belakang bayi dan otaknya berkembang – mulai terbentuk sekitar tiga minggu setelah konsepsi, maka sangat penting untuk minum folic acid setiap hari sebelum konsepsi dan selama trimester pertama kehamilan.

Jika Anda mengonsumsi multivitamin, periksalah label multivitamin suplemen Anda untuk meyakinkan Anda cukup mendapatkan folic acid. Jika tidak, Anda perlu mengganti multivitamin Anda atau minum folic acid secara terpisah. (Jangan melipat gandakan dosis multi vitamin Anda).

Jika Anda mendapat resep vitamin sebelum melahirkan, mungkin diantaranya terdapat 800 sampai 1000 mcg folic acid. Sekali lagi, Anda perlu mencek labelnya.

Jangan minum lebih dari 1000 mcg folic acid per hari kecuali atas anjuran dokter. Ini sangat penting, khususnya jika Anda seorang vegetarian. Vegetarian berisiko mengalami kekurangan vitamin B12 dan minum terlalu banyak folic acid, hingga susah didiagnosa apakah itu defisiensi atau bukan.

Perempuan yang kegemukan lebih mungkin untuk melahirkan bayi dengan NTD meski alasan ini masih tak dapat dijelaskan. Jika Anda kelebihan berat badan, temui dokter Anda saat persiapan hamil. Ia mungkin akan menyarankan untuk minum folic acid lebih dari 400 mcg per hari.

Jika sebelumnya Anda hamil dan melahirkan bayi dengan NTD, pastiakn Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda hamil lagi. Jika tidak dicegah, kasus yang sama dapat berulang sekitar 2 sampai 5 persen, untuk melahirkan bayi dengan komplikasi yang sama. Berita baiknya, risiko ini dapat dikurangi secara signifikan dengan minum dosis folic acid dalam dosis sangat besar. Katakan pada dokter Anda berapa sebaiknya folic acid yang harus Anda minum jika Anda berada dalam situasi ini.

Perempuan penderita diabetes atau minum pengobatan antisizures juga mungkin akan melahirkan bayi dengan NTD. Jika Anda berada dalam salah satu situasi itu, temuilah dokter setidaknya sebulan sebelum Anda berusaha untuk hamil. Dokter akan memberi saran seberapa banyak folic acid yang harus Anda minum dan untuk memantau kesehatan Anda secara umum.


Memang aneh, riset menunjukkan bahwa tubuh menyerap versi sintesis dari vitamin ini (folic acid) lebih baik dari versi yang terjadi secara alami di makanan-makanan tertentu (folate). Cereal dan produk gandum-ganduman lain diperkuat dengan versi sintetis, di mana sebagian besar perempuan tidak makan makanan itu secara konsisten untuk bergantung pada makanan-makanan itu sebagai sumber folic acid.

Makanan yang secara alami mengandung folate termasuk kacang-kacangan, buncis kering, dan kacang kapri, sayur berwarna hijau gelap seperti brokoli, bayam, sawi, okra, asparagus, dan buah-buah asam serta jus.

Makanan-makanan ini bukan pengganti folic acid. Malahan, mereka akan melengkapi suplemen Anda. Karena saat tubuh Anda menyerap semua folic acid di sebuah suplemen, itu menyerap hanya beberapa folate yang terkadung pada makanan alami yang Anda makan. Selebihnya, folate dapat hilang selama penyimpanan atau hancur saat dimasak.

Tanda-tanda kekurangan folic acid kadang hanya terlihat samar-samar. Anda mungkin mengalami diare, hilangnya nafsu makan, dan turunnya berat badan, seperti halnya lemah, tengkorokan yang luka, sakit kepala, jantung berdebar-debar, dan cepat marah.

Jika Anda hanya mengalami defisiensi ringan, Anda mungkin tak memperhatikan semua gejala di atas, tapi Anda tak akan mendapatkan sejumlah folic acid yang optimal untuk perkembangan bayi Anda sejak dari embrio.

Bahkan untuk vegetarian, supplemen Folic Acid sangat disarankan karena seringkali asupan Folic Acid yang didapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Folic Acid perlu Anda konsumsi tidak hanya untuk meningkatkan peluang hamil, tetapi juga untuk mempersiapkan bayi yang sehat dalam proses kehamilan Anda nanti. Amien.

dr. Rosdiana Ramli SpoG
 ..........................................................................................................................................................

Bunda yang berbahagia, Wujudkan Impian Bunda Untuk Segera Hamil dengan paket cepat hamil Dr. Rosdiana Ramli SpOG.
paket cepat hamil Dr Rosdiana Ramli SpOG terdiri dari:
1. buku panduan cepat hamil lengkap yang ditulis Dr Rosdiana sendiri
2. asam folat (suplemen untuk kesuburan) selama 30 hari untuk suami dan istri
3. 3 sesi tanya jawab dengan Dr Rosdiana langsung lewat email....bunda bisa tanya apa aja supaya segera diberi momongan...

Manfaat yang Bunda dapatkan dari buku panduan cepat hamil ini:
1. Mengenal Lebih Jauh Sistem Reproduksi Anda dan Pasangan Anda
2. Menemukan dan Mengatasi Masalah Utama yang Menghambat Anda Hamil
3. Memaksimalkan Tingkat Keberhasilan Kehamilan Anda

Lihat Ulasan Lengkapnya di sini:
http://bit.ly//1vRqGRm
Harga Spesial "PAKET CEPAT HAMIL" Hanya Rp 159.000
isi lengkap data diri Anda di http://bit.ly//1vRqGRm
atau INBOX saya

*format pemesanan paket dan buku yang benar:
.........................................................................................................................
Nama Lengkap: Tulis nama Lengkap
Email: (isikan email Anda)
Alamat: (Tulis dengan KODE POS)
KOTA dan SINGKATAN PROVINSI: (Contoh: SURABAYA - JATIM)
Nomer HP: (Tulis nomer tanpa spasi, titik dan garis datar) kami akan konfirmasi pesanan Anda melalui sms.
semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment